UAS PRAKTEK

Cara Belajar yang Baik untuk Anak SMP

Memasuki masa SMP, merupakan masa-masa di mana anak tidak boleh lengah sedikit pun. Pasalnya, apabila sobat mallasak tidak tekun dalam belajar, kemungkinan sobat akan kesulitan dalam memahami pembelajaran di sekolah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sobat mallasak perlu taktik atau strategi yang tepat dalam belajar. Hasil dari usaha atau cara yang sobat lakukan dalam belajar, dapat dilihat dari hasil PAS, UTS, atau ujian-ujian lainnya dengan nilai yang maksimal. Belajar dengan efektif dan konsisten dapat sobat sekalian lakukan untuk mencapai hasil yang maksimal tersebut. Maka dari itu, untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar.

Cara pertama yang dapat sobat lakukan adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman.  Pasalnya, suasana yang baik tentu akan meningkatkan produktivitas sobat dalam memulai belajar. Mungkin sobat lebih nyaman belajar di perpustakaan, kedai kopi, kafe atau di tempat lain. Intinya, cari suasana yang tenang. Cara berikutnya yang dapat sobat lakukan adalah dengan membuat catatan jadwal harian secara rutin. Misalnya, tiap malam belajar selama 45 menit dari jam 20.00-20.45 sobat wajib belajar. Untuk masalah waktu, sesuaikan dengan diri dan jadwalmu. Hal yang terpenting adalah jadwalnya rutin, tidak lama bukan masalah. 

Selan kedua cara diatas, ada banyak cara lain yang dapat sobat lakukan. Contohnya belajar dengan keluarga, sahabat, atau teman. Disamping hal itu, sobat juga bisa memanfaatkan kemajuan IPTEK saat ini, seperti menggunakan aplikasi belajar terbaik. Namun yang terutama dari semuanya, kamu sangat perlu membangun motivasi dalam diri untuk tidak malas-malasan dalam belajar. Sebab kemauan dalam belajar pertama sekali muncul dari dirimu sendiri. Saban kamu belajar, ingatlah bahwa orangtuamu berharap besar darimu. Akhirnya, tetap semangat sobat mallasak!


Contoh belajar yang baik 

Contoh belajar yang tidak baik ( sambil bermain game )

www.yayasanjosiantar.com

www.smpcintarakyat1.sch.id

www.secretkampus.com 




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Sekolah